-->

SIKLUS HIDUP MANUSIA



............................................................................................................

Alarm jam 05.00 pagi berbunyi lewat HP ku. Seperti biasa saya terbangun dari tidur dan teringat mimpi yang saya alami. Seperti biasa, kalau saya dalam keadaan bergumul tentang tujuan hidup, cita - cita yang belum tercapai, malamnya dan pagi pasti memimpkan ayah. Ayah memang menjadi selalu panutanku. Oh man, I miss you dad.

Setelah terbangun saya langsung memutar lagu koor dari St. Albans Cathedral thn 2002 berjudul We Cannot Measure How You Heal. Lagu ini mampu mendulang mimpi - mimpi yang belum bisa tercapai ke permukaan. Saya teringat untuk mimpi-mimpi yang belum bisa saya capai.

Dari sini saya sadar, siklus hidup manusia itu:

BERMIMPI - BERJUANG - GAGAL - MENYERAH - BERMIMPI LAGI - BERJUANG - MENYERAH -  .  .  .  .  - MENYERAH

Hingga suatu saat manusia tersebut kembali bermimpi dan jatah gagal dia habis atau dalam kata lain dia berhasil mencapai mimpi tersebut. Setiap orang tidak akan pernah tidak gagal. pasti akan ada kegagalan. Tetapi tidak dapat dipungkiri juga kalau manusia itu suatu saat pasti akan berhasil mencapai mimpinya. itu saya guarantee.

Ada dua hal yang kadang dilupakan orang dalam berjuang mencapai mimpi - mimpinya:

1. FOKUS
2. WAKTU

Pertama, saya mau membahas "FOKUS" orang dalam mencapai mimpinya. Ada orang yang tidak fokus dalam mengejar sesuatu. Saya salah satu orang yang tidak bisa fokus dalam mengejar mimpi. Padahal, apabila fokus, saya yakin apapun yang dilakukan pasti menjadi sebuah keberhasilan. Ada orang yang fokus dalam menjalankan youtube, dan sekarang menjadi seorang youtuber yang sukses. Ada juga yang fokus dalam menjalankan bisnis onlineshop, sekarang sukses menjalaninya hingga omsetnya puluhan juta. Ada juga yang fokus dalam trading saham hingga sekarang menjadi trader saham full time yang berhasil. Semuanya harus fokus dijalani, semua pasti ada masanya dimana apa yang dikerjakan itu ada kegagalan. Jangan hanya karena gagal menjalankan bisnis online, langsung ganti mencari sesuatu yang lain yang menggiurkan. Hanya melihat orang lain berhasil dalam menjalankan bisnisnnya, dia memutar bali arah menjadi berbisnis. Padahal kadang kita tidak melihat seberapa berjuang orang yang berhasil dalam suatu bidang mengalami kegagalan. 

Malcolm Gladwell mengatakan setiap orang harus belajar selama kurang lebih 10000 jam untuk mengusasi penuh apa yang dikerjakannya itu. Kalau kita konversikan 10000 jam kedalam hari, 1 hari orang rata-rata bekerja atau belajar selama kurang lebih 8 jam sehari artinya butuh 1250 hari untuk fokus dalam pekerjaan atau pembelajaran tersebut. Artinya butuh 3,5 tahun seseorang fokus dan berhasil menguasai suatu bidang. Yakinlah, kalau seseorang sudah melalui 3,5 tahun dalam suatu pekerjaan, kalaupun ada kegagalan lagi, saya rasa itu akan bisa diatasnya dengan mudah, atau artinya kegagalan itu sudah pernah dilaluinya dan bisa diatasi.

Kedua, yang paling sering tidak dihiraukan orang ialah WAKTU. Orang kadang lupa waktu setiap orang berbeda - beda. Orang kadang membanding-bandingkan kesuksesan seseorang dalam usia tertentu. Kadang orang melihan anak muda yang sudah sukses diusia 30an, dan merasa minder hingga lupa untuk berjuang dan mengubah arah. Contohnya, Andika Sutoro Putra seorang anak muda yang sukses dalam dunia investasi saham yang sekarang ini menjadi full time investor, dan membuka bisnis-bisnis lain. Melihat kondisi ini, kadang anak-anak muda lain yang saat ini juga sedang fokus dalam investasi merasa gagal dan hilang arah. Setiap orang punya waktunya masing-masing. Ada yang setelah 30 tahaunan sukses, ada juga yang diusia  50an baru ada kesuksesan. Semua sudah punya jatah masing-masing. Tuhan sudah menentukan setiap berkah manusia dan kapan berkah tersebut diterima. Ada banyak kejadian yang terjadi ada banyak kegagalan yang dilalui ada banyak hal yang tidak bisa dimengerti. Rahasia Tuhan itu terlalu misteri bukan.

Satu hal yang yang tidak bisa dilupkan seseorang ialah BERSYUKUR. Cara kita dalam mensyukuri sesuatu ialah kunci dalam mencapai suatu mimpi. SYUKURI SETIAP APA YANG TELAH DITERIMA. Dalam setiap syukur kita kaan tahu, seberapa besar ukuran yang akan kita cari dan kemana kita kaan menempatkannya.


Selamat Pagi....
:D
BERIKAN KOMENTAR ()