-->

PARADOKS MESIN WAKTU











Siapa yang pernah menonton film Back To The Future Trilogy? atau yang membaca Novel Agnes Jessica   berjudul Mesin Waktu. Jika ditanya penemuaan paling mutakhir dalam karya-karya fiksi ialah penemuan Mesin Waktu. Sungguh luar biasa. Kita bisa menjelajah waktu, pegi ke masa lalu dan ke masa depan. Memperbaiki keturunan, mencari prediksi skor turnamen olahraga agar bisa berjudi di masa depan, dan mencuri teori-teori fisika dari masa depan dan menerapkannya di masa lalu. hal yang sangat luar biasa bukan?













Saya menulis blog ini karena saya dari kecil sangat tertarik akan penciptaan atau usaha untuk menemukan Mesin Waktu. Ada beberapa teori untuk menjalankan mesin waktu. Beberapa ilmuwan mengatakan Mesin Waktu mustahil untuk ditemukan. Seperti Stephen Hawking pernah mengatakan apabila Mesin Waktu itu sudah ditemukan dimasa depan beberapa ratus tahun lagi, sudah tentunya kita sudah bertemu dengan penjelash waktu sekarang ini. Atau Pernah dengan ilmuwan dan pemerintah Jepang saat ini menciptakan karakter Doraemon, persis seperti kartun-kartunnya. mempunyai kemampuan yang demikian juga. memang saat ini belum maksimal, tetapi dari pembuatan doraemon ini nantinya akan selalu diupgrade dan diperbaharui hingga suatu saat Doraemon ini mempunyai keahliaan seperti pada kartunya. 




Saya lantas berpikir dan menimbang “Apakah mesin waktu memang benar-benar bisa diciptakan oleh manusia?”. Pertanyaan yang sudah sering saya tanyakan di sosial media, dan juga ke teman-teman saya. Menurut Paul Davies dalam artikelnya, mesin waktu bisa dibangun jika kita mampu menciptakan sebuah worm hole, satu ujung diletakkan di bumi sedangkan ujung yang lain diletakkan di bintang neutron yang memiliki gravitasi yang lebih besar daripada bumi itu sendiri. Menurut Paul Davies gravitasi yang lebih besar bisa memperlambat jalannya waktu, dan pada beberapa kasus seperti pada permukaan bintang neutron yang memiliki gravitasi yang sedemikian besar sehingga waktu berjalan lebih lambat 30% daripada bumi. Kembali pada ide penciptaan mesin waktu sebelumnya, jika saja seseorang berjalan melewati worm hole yang ada dan kita beranggapan bahwa selisih waktu yang ada di bumi dengan permukaan neutron tersebut adalah 10 tahun. Jika orang tersebut berangkat dari bumi maka ia akan kembali ke masa lalu 10 tahun yang lalu sedangkan jika iaberangkat dari bintang neutron maka ia akan lompat 10 tahun ke masa yang akan datang, tentu saja dengan catatan orang tersebut harus melewati worm hole tersebut dengan kecepatan cahaya.








Apalagi saat ini gravitasi sudah dapat dideteksi, tentu dengan penemuaan ini kita bisa menciptakan alat yang mampu tahan akan gravitasi atau mencari celah titik tarik gravitasi.








Terdengar sangat menarik bukan.




Nah permasalahan akan timbul jika Mesin Waktu diciptakan ialah:








  1. Jika orang tersebut kembali ke masa lalu ketika ibunya masih seorang gadis dan kemudian membunuh gadis tersebut. Apa yang terjadi? Orang tersebut tidak akan pernah lahir karena ibunya sudah meninggal sebelum dia lahir tapi jika dia tidak pernah lahir maka dia tidak akan pernah membunuh ibunya sendiri sehingga seharusnya ibunya tidak pernah mati.
  2. Bagaimana jika seseorang berangkat ke masa depan kemudian mengambil sebuah teori yang sudah terbukti dari masa depan dan membawa pulang ke masa dia sendiri dimana teori itu belum dicetuskan kemudian mengajarkan pada salah kelas di universitas. Kelak ketika mahasiswanya dewasa, dia akan menuliskan teori tersebut yang berisikan teori yang diajarkan oleh dosennya. Permasalahannya dari mana asal teori tersebut? Siapa yang menemukannya? Yang pasti bukan dosen tersebut, karena ia mengambilnya dari masa depan dan juga bukan muridnya karena teori itu diajarkan oleh gurunya.













Sangat rancu? Inilah paradoks waktu yang akan terjadi jika mesin waktu benar-benar diciptakan.








Apakah anda percaya? atau apakah anda pesimis untuk hal tersebut?




Diluar dari tentang bagaimana kita mempercayai Ketuhanan yang telah menciptakan sedemikian rupa segala bentuk dan kejadian di semesta ini, mari kita diskusikan, dan beri komentar apa yang bisa anda berikan tentang maslaah ini:








Salam dari "orang yang mempercayai Mesin Waktu bisa diciptakan." :D :D











Baca Juga:

























BERIKAN KOMENTAR ()