-->

MARI MEMBACA! The more you learn the more earn.

Fakta! Bahwa Minat baca Indonesia menempati rata-rata peringkat 53 dari 62.
Fakta! Bahwa pendidikan di Indonesia masih sangat rendah, data sarjana muda Indonesia menempati peringkat 17 dari 17.
Fakta! Indonesia menempati peringkat 7 dari 116 bahwa anak-anak tidak bersekolah.

Statistik Pendidikan di Indonesia menurut nationmaster.com
http://www.nationmaster.com/country-info/profiles/Indonesia/Education#


Statistik literasi/ membaca di Indonesia menurut nationmaster.com
http://www.nationmaster.com/country-info/profiles/Indonesia/Education/Literacy



Mengapa saya menyebutkan ini? Sebuah kebanggaankah ini? Dimana letak kemauan anak-anak Indonesia untuk membaca?

Saat ini minat baca orang-orang mulai dipertaruhkan dengan teknologi sekarang ini, ekmudahan mendapat informasi melalui Internet terutama dengan hanya menonton video di berbagai platform menjadikan anak-anak sekarang malas untuk membaca.
Saya terpikirkan untuk menelaah dan membuat artikel ini karena teringat akan pertanyaan seorang host kepada Bill Gates di acara talk show.



Pertanyaan demikian: Seandainya anda mendapat kesempatan untuk mendapatkan kekuatan super power, kekuatan apa yang anda inginkan?

Sebagain orang-orang akan memilih saya ingin bisa terbang bebas agar bisa mengelilingi bumi.
Sebagian lagi mungkin menginginkan untuk memiliki kekuatan menghilang.
Tapi apa yang menjadi jawaban dari orang terkaya di dunia?

Bill Gates menjawab, "Saya ingin mempunyai kemampuan membaca yang sangat super cepat".

Luar biasa bukan. Maksud dari Bill Gates dengan jawaban itu ialah, semakin banyak yang kamu pelajari, semakin banyak pula yang akan kamu peroleh. Artinya kita harus belajar, belajar dengan membaca lebih banyak lagi. Tidak masalah buku apa yang kamu baca, ada sebagian orang merekomendasikan untuk membaca buku-buku nonfiksi, llmiah, psikologi, atau ilmu-ilmu yang bermanfaat, dan tidak perlu untuk membaca buku-buku fiksi. Secara pribadi, itu tidak benar. Tidak masalah jenis buku apa yang kamu baca, membaca buku fiksi akan meningkatkan kemampuan verbal tentunya, semakin cerdas, dan juga kamu akan mampu untuk memahami karakter - karakter yang jauh berbeda denganmu. Yakinlah, dengan membaca asti punya manfaat yang lebih dibandingakan jarang membaca atau bahkan tidak pernah membaca.

Sebagai tambahan, belajar juga bukan hanya dari membaca saja. Kalau kamu sedang bermalas-malasan di tempat tidur, saya sarankan jangan mendengar musik. Saya bukan tidak suka atau anti music, saya justru menyukai music-musik blues, reggae, ska, dan indi. Tapi maksud saya, dalam kondisi yang sedang malas, biasakan untuk mendengar audiobook. Audiobook itu suatu audio berisi bacaan dari suatu buku yang sedang dibacakan seseorang. Indah bukan, hahaha. Ada banyak audiobook bertebaran di Internet. Jangan hanya menghabiskan data internet untuk membuka instagram atau tiktok. Mulailah untuk belajar, belajar, belajar. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

THE MORE YOU LEARN THE MORE YOU EARN.


By the way, saya bukan ahli dbidang hukum apalagi dalam hal legalitas suatu penerbitan karya. Bagi teman-teman yang tahu informasi tentang legalitas dalam mebuat suatu audiobook dari suatu buku, silahkan komen atau email. Saya berencana untuk membuat audiobook dari beberapa buku. Namun terkendala, apakah untuk membuat audiobook dari suatu buku melanggar hak cipta atau tidak??

Demikian artikel ini, thank you for reading my blog.


DON’T FORGET TO SHARE AND FOLLOW MY BLOG.
BERIKAN KOMENTAR ()