-->

Rimbang, si Tumbuhan Berduri Penuh Khasiat


Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan
Plantae
(tidak termasuk)
Eudicotos
(tidak termasuk)
Asterids
Ordo
Solanales
Famili
Solanaceae
Genus
Solanum
Spesies
S. Torvum
Nama Binominal
Solanum torvum



        Buah tanaman jenis ini, cukup dikenal di nusantara karena sangat banyak dimanfaatkan untuk masakan-masakan, serta memiliki banyak nama, antara lain, terung pipit, terong teter, ribbang(Batak Toba), tong belut, coco wana, cepokak, pokak (Jawa) dan takokak (Sunda). Di Sumatera Utara tepatnya di kampung saya Dairi, rimbang ini dimanfaatkan untuk masakan olahan sayur-sayuran misalnya masakan santan daun ubi atau daun singkong hmn hehehe. Rimbang yang mirip Launce ini memiliki banyak khasiat. Tetapi banyak yang belum tahu tentang tumbuhan ini. Tanaman ini termasuk suku Solanaceae. Perdu kecil, mencapai tinggi 5 m. Daunnya bundar telur dengan pangkal seperti jantung atau membundar dan ujungnya tumpul. Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang – cabang dan bunganya banyak. Pada batang dan daunnya berduri. Rimbang atau takokak ini tersebar di daerah tropic. Di Indonesia dijumpai tumbuh liar dihutan – hutan semak dan hutan-hutan terbuka. Hidup baik di dataran rendah sampai ketinggian 1600 m di atas permukaan laut. Buah muda untuk lalab. Akarnya untuk ramuan bedak yang digunakan sebagai obat. Daunnya dapat juga dipergunakan sebagai pengganti pembungkus tembakau rokok. Perbanyakan dilakukan dengan biji.



        Dewasa ini, banyak kita jumpai anak – anak yang masih terbilang mudah sudah mengalami mata rabun. Ini bisa dimengerti karena kemajuan teknologi seperti televisi, Komputer, HP, kamera dll. Aktivitas yang lama membuat mata cepat lelah dan bisa mengganggu kesehatan mata. Nah, disini mata sangat membutuhkan gizi lebih. Solusinya bisa kita dapat pada tumbuhan pembahasan kita sekarang ini. Rimbang ini bisa mudah kita temukan di pasar, dan harganya masih terbilang murah. Saya sendiri membelinya langsung dari pasar Rp 5000/ kg, hehehe. Cukup dengan memakan 5-10 butir per hari lama-kelamaan mata akan semakin membaik. Memang terasa pahit namun kita bisa mencampurnya dengan masakan olahan. Tetapi memakan langsung mentah memiliki khasiat yang lebih. Dan saya sendiri masih mengkonsumsinya mentah-mentah. -_-. Hehehe.
        Buah takokak ini juga dimanfaatkan untuk pengobatan karena kaya akan vitamin A dan vitamin C. Di tengah masyarakat masih banyak yang belum mengetahui khasiat Rimbang ini, apalagi karena rasanya yang pahit. Khasiat sebagai penyembuh mata rabun ini belum dibuktikan dalam penelitian khusus. Namun, kepercayaan masyarakat akan rimbang sebagai penyembuh yang ampuh diperkuaat dengan kesembuhan yang sudah terbukti bagi yang sudah mencobanya. Karena penuh dengan khasiat, rimbang ini dikenal sebagai tanaman obat.




        Buah rimbang ini selain dipercaya sebagai penyembuh mata minus, buah rimbang ini bisa juga mengobati
o  Jantung berdebar
o  Sakit Lambung
o  Tidak datang bulan
o  Memar dan bengkak
o  Sakit pinggang
Banyak sekali kegunaan rimbang ini, termasuk sebagai tumbuhan pengganti batang atau yang sering kita kenal dalam dunia biologi yaitu stek batang. Dimanfaatkan demikian karena pohon Rimbang ini tahan penyakit yang mungkin menyerang batang dan biasa dijadikan batang bawah untuk terung, meskipun praktik ini hanya dipakai bagi pertanaman di pekarangan.
Itulah sedikit info tentang tanaman rimbang yang penuh khasiat yang sangat dikenal di nusantara kita ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. baca juga Bunga Pacar air yang juga penuh khasiat. Jika ada masukan silahkan dikomen.
BERIKAN KOMENTAR ()